Monday, June 6, 2016

Galaksi

Ramadhan - 01

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ

And We have placed within the heaven great stars and have beautified it for the observers. 

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya). 

(Qs. Al Hijr : 16)


Keagungan Kosmos: Refleksi atas Penciptaan Galaksi dalam Surah Al Hijr Ayat 16.
Dalam kitab suci umat Islam, Al Quran, terdapat ayat-ayat yang mengundang manusia untuk merenungkan kebesaran penciptaan Allah SWT. Salah satu ayat yang menggambarkan keindahan alam semesta adalah ayat ke-16 dari Surah Al Hijr.

Tafsir Surah Al Hijr Ayat 16>
Ayat ke-16 dari Surah Al Hijr adalah sebagai berikut:

"Sungguh, Kami benar-benar telah menciptakan gugusan bintang di langit dan menjadikannya terasa indah bagi orang-orang yang memandang (langit itu)."

Dalam ayat ini, Allah SWT mengisyaratkan pada ciptaan-Nya yang menakjubkan, yakni gugusan bintang di langit. Meskipun secara harfiah menyebutkan "gugusan bintang," namun makna yang terkandung lebih luas, menunjukkan kepada penciptaan galaksi-galaksi yang membentuk alam semesta.

Pesan dan Hikmah.

Penciptaan Galaksi sebagai Bukti Kecemerlangan.
Ayat ini menyatakan bahwa Allah SWT telah menciptakan galaksi-galaksi di langit. Galaksi-galaksi tersebut merupakan struktur fundamental dalam alam semesta yang menakjubkan, menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah sebagai Pencipta.

Kehidupan di Luasnya Alam Semesta.
Dengan menyebutkan penciptaan gugusan bintang, ayat ini juga mengingatkan manusia akan keberagaman alam semesta. Di dalamnya terdapat berjuta miliar galaksi, setiap satu di antaranya mungkin memiliki sistem planet dan bintang yang memungkinkan adanya kehidupan.

Indahnya Pemandangan Langit.
Ayat ini mengungkapkan bahwa langit yang dihiasi dengan gugusan bintang telah diciptakan oleh Allah SWT dengan tujuan tertentu. Pemandangan langit yang indah ini bukan hanya merupakan fenomena alam semata, tetapi juga sebagai tanda kebesaran-Nya yang dapat menginspirasi dan mengingatkan manusia akan keagungan penciptaan-Nya.

Mengagumi Karya-Karya Allah.
Ayat ini mengajak manusia untuk merenungkan dan mengagumi kebesaran Allah yang termanifestasikan dalam penciptaan alam semesta. Melalui penelitian dan pengamatan alam semesta, manusia dapat semakin memahami dan menghargai keagungan penciptaan-Nya.

Ayat ke-16 dari Surah Al Hijr mengajak manusia untuk merenungkan kebesaran penciptaan Allah melalui penciptaan gugusan bintang di langit. Dalam keindahan alam semesta ini, manusia dapat menemukan tanda-tanda kebesaran Allah dan diajak untuk merenungkan betapa besar dan sempurnanya karya-Nya. Semoga ayat ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk senantiasa mengagumi dan mensyukuri keindahan alam semesta yang telah Allah ciptakan.

-

Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, gas dan debu kosmik, dan materi gelap. Galaksi terdiri dari berbagai tipe mulai dari galaksi kerdil dengan 10 juta bintang hingga galaksi raksasa dengan 1 triliun bintang. Diperkirakan terdapat lebih dari 100 miliar galaksi pada alam semesta.

Galaksi yang kita tempati menghimpun tata surya yang disebut dengan galaksi bima sakti. Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias yang berarti “susu,” yang merujuk pada galaksi Milky Way.

Galaksi ini jika dilihat pada malam hari akan nampak seperti embun tipis membentang dari arah timur laut ke arah barat daya. Apabila dilihat dengan teleskop ternyata bukanlah embun, tetapi berupa butir-butir bintang yang jumlahnya lebih dari seratus milyar, di mana matahari ini termasuk salah satu bagian dari butir-butir bintang tersebut.

Setengah abad yang lalu para astronom masih beranggapan bahwa tidak ada lagi kelompok-kelompok bintang di luar galaksi bima sakti. Kemudian setelah ada teropong yang lebih besar, lalu diketahui bahwa terdapat beberapa galaksi lagi yang di dalamnya berisi bermilyar-milyar bintang hingga diperkirakan ada sekitar 100 juta galaksi.

Penelitian terakhir menggunakan teropong teleskop terbesar di dunia Mount Palamor diketahui galaksi di alam semesta ini tak terhingga jumlahnya.


Sumber :
http://quran.com/15
http://astronesia.blogspot.co.id/2013/07/inilah-beberapa-ayat-suci-alquran-yang.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Surah_Al-Hijr
https://alquranyangajaib.wordpress.com/2013/06/13/astronomi-1-al-quran-mengungkap-tentang-angkasa/
http://sains-edy.upy.ac.id/2016/06/03/ayat-ayat-kauniyah-allah-galaksi-al-buruj-gugusankumpulan-bintang-bintang/

No comments:

Post a Comment

Nathalie Holscher Jadi Mualaf

Awal Mula Nathalie Holscher Jadi Mualaf. Bukan karena menikah dengan Sule, ternyata ini awal kisah Nathalie Holscher menjadi mualaf. Nathali...

Related Post