Thursday, August 17, 2017

Nabi Idris


“Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka , kisah) Idris yang terdapat tersebut di dalam Al-Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” 

(QS. Maryam : 56 – 57)


Nabi Idris AS menjadi Nabi dan Rasul kedua setelah Nabi Adam AS merupakan keturunan ketujuh dari Nabi Adam AS. Nabi Idris adalah keturunan keenam dari Nabi Adam putera dari Yarid bin Mihla’iel bin Qinan bin Anusy bin Syith bin Adam A.S. Nama lain dari Nabi Idris AS adalah Akhnuh (Akhnukh) atau Khanukh.

Idris menurut riwayat dalam hadis Bukhari adalah kakeknya bapak Nuh a.s. berarti Nabi Idris merupakan generasi ke enam dari Adam, mengingat Nuh sendiri sebagai keturunan ke sepuluh dari Adam as.

Menurut kitab tafsir, ia hidup 1.000 tahun setelah Adam wafat. Sedangkan dalam buku yang berjudul Qashash al-Anbiyya karya Ibnu Katsir dituliskan bahwa Idris hidup bersama Adam selama 308 tahun.

Nabi Idris AS menerima wahyu lewat Malaikat Jibril ketika dirinya berusia 82 tahun. Nabi Idris dikaruniai usia: 345 tahun, yaitu hidup dalam periode sejarah: 4533 - 4188 SM.

Beberapa mukjizat Nabi Idris yang Allah berikan adalah berupa kepandaian di segala bidang, yaitu diantara sebagai berikut:
  1. Jago menunggang kuda, dimana pada waktu itu sedikit orang yang dapat menunggang kuda.
  2. Dapat menulis, dimana pada waktu itu tidak ada ummatnya yang dapat menulis. Dia manusia pertama yang pandai baca tulis dengan pena. Kepada Idrislah Allah swt memberikan 30 sahifah alias suhuf lembaran-lembaran ajaran Tuhan, berisi petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya.
  3. Dapat menjahit pakaian, dimana pada waktu itu, belum ada yang mampu menjahit pakaian. Nabi Idris as ialah orang yang pertama pandai memotong dan menjahit pakaiannya. Orang-orang sebelumnya konon hanya mengenakan kulit binatang secara sederhana dan apa adanya untuk dijadikan penutup aurat.
  4. Nabi Idris diberi bermacam-macam pengetahuan mulai dari merawat kuda, ilmu perbintangan (falaq), sampai ilmu berhitung alias matematika. Nama Nabi Idris sendiri berasal dari kata Darasa yang artinya belajar. Idris memang sangat rajin mengkaji ajaran Allah swt yang diturunkan kepada Adam dan Nabi Syits, bahkan yang langsung kepada dirinya. Nabi Idris juga sangat tekun mengkaji fenomena alam semesta, yang semua merupakan ayat dan pertanda dari Tuhannya.

Nabi Idris AS juga mendapat gelar “Asadul Usud” yang berarti Singa karena beliau tidak pernah berputus asa dalam menjalan tugasnya sebagai seorang Nabi. Ia tidak pernah takut menghadapi ummatnya yang kafir. Meskipun demikian ia tidak pernah sombong. Ia bersifat pema’af.

Menurut riwayatnya, Idris lahir di kota Manfis (Manaf) dan bermukim di Mesir. Mereka menyebutnya dengan Hirmisal Haramisah, menurut Bahasa Suryani. Ada yang menyebut daerah Munaf, Mesir, namun ada pula yang menyebut Babilonia.

Ada yang mengatakan Idris dilahirkan di Babilonia dan Hijrah ke Mesir. Ketika melihat sungai Nil, dia berkata: "Babilonia". yang berarti, sungai seperti sungai kalian, sungai besar, sungai yang penuh berkah.

Pada zamannya dibangun 188 kota, yang terkecil diantaranya adalah ar-Ruha. Pada zaman Nabi Idris, manusia berbicara dengan 72 bahasa. Merekan telah mampu mendesain kota-kota mewah. Kota yang telah dibangun pada waktu itu sebanyak 188 kota. Saat itu bumi dibagi menjadi empat bagian dan setiap bagian tersebut memiliki raja sendiri. Nama-nama raja tersebut adalah Elaus, Zous, Asghalebioos, dan Zous Amon.

Dalam Yunani kuno, terdapat sosok Hermes Trismegistus, yaitu dalam tradisi Yunani kuno, Hermes adalah Dewa pembawa pesan, lahir di Gunung Kellina Arkadia, seorang anak Zeus dan Maia dan merupakan salah satu Dewa Olimpus. Dia dianggap Dewa pembawa pesan yang bertugas mengantarkan pesan dari para Dewa Olimpus kepada manusia.

Dalam mitologi kuno meceritakan kisah Thoth dan Osiris di Mesir, Quetzacoatal dan Viracocha di Benua Amerika, dan tradisi seluruh dunia telah memperkenalkan asal-usul peradaban kuno yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Phoenix diambil dari kata Yunani, bahasa awal berasal dari Mesir (PA- HANOK) yang artinya 'Rumah Idris'.


Sumber :
https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=448635461836997&id=315974928436385
http://coretcoretane.blogspot.com/2014/04/kelebihan-atau-mukjizat-nabi-idris-as.html
http://fiper.mywibes.com/artikel/islami/mukjizat_nabi2/nabi_idris
http://www.untukku.com/artikel-untukku/kisah-nabi-allah-swt-nabi-idris-a-s-untukku.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Idris
https://www.merdeka.com/gaya/kisah-nabi-idris-as-yang-bikin-merinding-tentang-neraka-dan-kematian/nabi-pertama-yang-melihat-surga-dan-neraka.html
http://www.islamnyamuslim.com/2013/06/kisah-nabi-idris-as.html
http://alvinarea.blogspot.co.id/2011/07/kisah-nabi-idris-as.html
https://www.isains.com/2014/05/benarkah-nabi-idris-ilmuwan-yang.html

No comments:

Post a Comment

Nathalie Holscher Jadi Mualaf

Awal Mula Nathalie Holscher Jadi Mualaf. Bukan karena menikah dengan Sule, ternyata ini awal kisah Nathalie Holscher menjadi mualaf. Nathali...

Related Post